STAI Syekh Jangkung


Berilmu, Beradab, Berbudaya

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Link Website: https://pgmi.staisyekhjangkung.ac.id/

Akreditasi:

C minimum

Struktur

Ketua:
Nanik Istika Wati, M.Pd.
Sekertaris:
Dessy Octaviani, M.Pd.
Upm:
Afif Restu Fauzi, M.Pd.
Anggota:
Yoga Jiwanjaya, M.Pd.
Yusuf, M.Pd.

Deskripsi/Profile

Gambaran ekspektasi ideal yang ingin diraih oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAI Syekh Jangkung yang secara umum terangkum dalam 4 (empat) kata, yaitu: Kompetitif, Inovatif, Berkarakterdan Profesional.

Kompetitif dimaksudkan bahwa lulusan/keluaran Program Studi PGMI STAI Syekh Jangkung Pati diharapkan memiliki keungulan kompetitif (competitive advantage) melalui penguasaan pengetahuan dan teknologi mutakhir tentang pendidikan dan memiliki keterampilan keguruan yang implementatif dan handal dalam menghadapi berbagai dinamika dan kompetisi kehidupan.

Inovatif dimaksudkan bahwa lulusan/keluaran Program Studi PGMI STAI Syekh Jangkung Pati diharapkan memiliki kemampuan dan kreatifitas untuk menemukan atau menciptakan sesuatu yang baru dan memiliki nilai tambah sehingga mampu memberikan konstribusi lebih bagi pembangunan sesuai bidang masing-masing.

Berkarakter dimaksudkan bahwa lulusan/keluaran Program Studi PGMI STAI Syekh Jangkung Pati memiliki karakter yang kuat sebagai ilmuwan dan praktisi bidang pendidikan Islam yang mampu menjadi teladan dalam menterjemahkan nilai-nilai keilmuan dan keislaman.

Profesional dimaksudkan bahwa lulusan/keluaran Program Studi PGMI STAI Syekh Jangkung Pati diharapkan dapat menjadi sarjana muslim yang profesional dengan penguasaan ilmu, baik ilmu‐ilmu keagamaan, sains dan bahasa sebagai core keahlian mereka, maupun ilmu‐ilmu pendidikan dan pengajaran mutakhir, memiliki sikap dan komitmen terhadap nilai-nilai profesional yang dibentuk dalam pengelolaan fakultas yang profesional, yakni pengelolaan yang dilakukan dengan ilmu, apresiatif, partisipatif dan menghargai sistem.

Gelar Lulusan

Setelah lulus dari Program Studi PGMI, mahasiswa akan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Mengapa Memilih Prodi Ini?

  1. Diampu oleh dosen yang berkompeten dari Universitas terbaik
  2. Materi perkuliahan sangat dinamis
  3. Tempat pengembangan diri menjadi guru/pendidik yang multitalenta

Visi Misi Prodi PGMI

Visi:

Visi yang diusung oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) mengacu pada visi STAI Syekh Jangkung Pati. Visi Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sebagai berikut:

“Tahun 2030 Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang Unggul di Jawa Tengah dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Budaya Islam Berwawasan Keindonesiaan”

Misi

Misi yang diemban Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAI Syekh Jangkung Pati adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan budaya berwawasan Islam Keindonesiaan
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengaplikasikan ilmu pengetahuan 
  3. Menjalin kerja sama di tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk pengembangan tridharma perguruan tinggi
  4. Integrasi nilai-nilai Islam dalam membangun dan mengembangkan suasana akademik.

Tujuan

Berdasarkan Visi dan Misi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang mengacu pada Visi dan Misi STIBI Syekh Jangkung Pati pada periode 2020-2025 sebagai berikut:

  1. Terwujudnya penyelenggaraan Program Studi berdasarkan kurikulum yang mengacu KKNI.
  2. Terwujudnya peningkatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
  3. Terjalinnya kerjasama dengan instansi pemerintah dan instansi swasta guna meningkatkan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi.
  4. Terintegrasikannya nilai-nilai Islam Keindonesiaan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan budaya.

Profil lulusan

Pendidik/Praktik Pendidikan

Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pendidik guru kelas yang mencakup bidang mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS dan Matematika pada sekolah/madrasah (SD/MI) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian

Asisten Peneliti

Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang guru kelas yang mencakup bidang mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS dan Matematika pada sekolah/madrasah (SD/MI) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian

Pengembang Bahan Ajar

Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang guru kelas yang mencakup bidang mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS dan Matematika pada sekolah/madrasah (SD/MI) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian

Kompetensi lulusan

Program Studi diharapkan alumni PGMI nantinya tidak hanya bisa menjadi seorang pendidik atau guru kelas melainkan enterpreneur, dan pelaku seni. Dari sisi penyebaran wilayah, diperkirakan alumni Program Studi PGMI STAI Syekh Jangkung tersebar di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari aceh hingga Papua.

Nama Dosen

  • Nanik Istika Wati, M.Pd.
  • Yoga Jiwanjaya, M.Pd.
  • Yusuf, M.Pd.
  • Afif Restu Fauzi, M.Pd.
  • Dessy Octaviani, M.Pd.

Informasi Lainnya

KPU Goes To Campus

Setelah penandatanganan MOU, serangkaian acara KPU Goes To Campus 2020 dilanjutkan acara sosialisasi oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pati bersama…

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Sekolah Tinggi Ilmu Budaya Islam Syekh Jangkung Pati

Pendaftaran Akun E-Learning Mahasiswa

STAI Syekh Jangkung akan menggunakan platform pembelajaran E-Learning yang dapat diakses di https://elearning.staisyekhjangkung.ac.id/ , untuk mendukung terlaksananya pembelajaran yang memanfaatkan…

Leave a Comment

13 − eight =