STAI Syekh Jangkung


Berilmu, Beradab, Berbudaya

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Link Website: https://piaud.staisyekhjangkung.ac.id/

A. Akreditasi Program Studi

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) telah memiliki akreditasi dari BAN PT yaitu pada tingkat C Minimum.

B. Struktur Program Studi

Ketua Program Studi: Naufal Mafazi, M.A

Sekertaris Program Studi: Ulfah Hidayati, M.Pd

UPM: Farah Rizkita Putri, M.Pd

C. Sejarah Program Studi

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini atau disingkat PIAUD adalah program studi yang kelahirannya tidak terlepas dari lahirnya Sekolah Tinggi Ilmu Budaya Islam (STIBI) Syekh Jangkung. STIBI Syekh Jangkung yang berdiri pada tahun 2016 dalam hal ini tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Direktorat Pendidikan Islam Nomor 606 2016, pada awalnya hanya membuka Program Studi Sejarah & Kebudayaan Islam (SKI). Setelah 4 tahun berjalan, tuntutan untuk menambah Program Studi muncul sebagai jawaban atas kebutuhan dan peluang yang ada di masyarakat sekitar.

Tuntutan tersebut terwujud dengan berdirinya dua Program Studi baru. Salah satunya adalah Program Studi S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), yang mana izin pendirian Prodi tersebut tertuang dalam SK Dirjen Diktis No. 1185 Tahun 2019 dan ditandatangani oleh Menteri Agama Kamaruddin Amin. Bertambahnya prodi baru tentu merubah nama institute yang awalnya bernama Sekolah Tinggi Ilmu Budaya Islam (STIBI) Syekh Jangkung, lalu berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syekh Jangkung. Perubahan tersebut resmi tertuang dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2021 yang ditandatangani oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Januari 2021.

Meskipun prodi PIAUD merupakan prodi yang masih baru, namun prodi PIAUD terus berupaya di berbagai aspek untuk mendorong adanya inovasi, karakter, profesionalitas, dan kenyamanan. Salah satu yang menjadi aspek keunikan di Prodi ini adalah skills mahasiswa menangani anak ABK khsusunya Anak Usia Dini. Karakter tersebut sengaja ditanamkan melalui kurikulum agar menjadi output tambahan mahasiswa ketika lulus.

D. Gelar Lulusan

Setelah lulus dari Program Studi PIAUD, mahasiswa akan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan (S.P.d)

E. Visi Misi dan Tujuan Program Studi PIAUD

Visi

“Mewujudkan sarjana pendidikan guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang unggul berlandaskan kreativitas, inovasi berbasis IPTEK, dan berwawasan Islam ke indonesiaan pada tahun 2030”.

Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini berbasis pembelajaran kreatif dan inovatif untuk membentuk sarjana pendidikan guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang kompeten dan professional.
  2. Melaksanakan penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap pendidikan guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
  3. Menggalang kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak-pihak lain di dalam maupun luar negeri, untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
  4. Membentuk sumber daya manusia yang memiliki daya saing global yang berlandaskan berwawasan Islam serta memiliki jiwa kewirausahaan.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang kompeten dan professional.
  2. Menghasilkan penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap pendidikan guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
  3. Menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak-pihak lain di dalam maupun luar negeri, untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
  4. Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki daya saing global yang berlandaskan berwawasan Islam serta memiliki jiwa kewirausahaan

F. Prospek Karier

Prodi PIAUD menghasilkan lulusan Program sarjana yang kompeten di bidang ilmu Pendidikan Anak Usia Dini, memiliki karakter yang jujur, tangguh, mandiri, kreatif, dan bermartabat. Lulusan Prodi Pendidikan Anak Usia Dini ini dapat bekerja mandiri dan/atau bekerja di berbagai instansi antara lain lembaga pemerintah (Kementrian, Guru, PNS, dll); Pendidikan swasta nasional dan multinasional ; Universitas; Pusat studi/penelitian; serta Biro konsultasi, unit Pendidikan Anak.

G. Tim Pengajar/Dosen

  1. Naufal Mafazi M.A
  2. Ulfah Hidayati M.Pd
  3. Farah Rizkita Putri M.Pd
  4. Isna Maylani M.A
  5. Ratih Hidayanti M.Pd

Informasi Lainnya

STAI Syekh Jangkung museum kretek

Ketua STAI Syekh Jangkung Beri Sosialisasi Museum Kretek

Edy Supratno, ketua STAI Syekh Jangkung dipercaya menjadi salah satu pemateri dalam acara Sosialisasi Museum Kretek, Selasa (14/9). Acara yang…

Higher Order Thinking Skill dan Excecutive Functioning Skill, Apa dan Bagaimana?

Oleh: Dessy Octaviani, M.Pd. Dunia pendidikan kita mengenal adanya Bloom’s Taxonomy (tahapan atau tingkatan anak dalam memaknai sebuah informasi) dengan…

Sosialisai Kegiatan Pramuka STAI Syekh Jangkung

Sosialisai kegiatan pramuka kepada mahasiswa terkait pemahaman tentang paradigma dan pentingnya pramuka di peguruan tinggi yang disampaikan oleh Yusuf, M.Pd.…

Leave a Comment

3 − two =