STAI Syekh Jangkung


Berilmu, Beradab, Berbudaya

STAI Syekh Jangkung Menuju Transformasi Digitalisasi Data

Perkembangan era 4.0 saat ini menjadi era yang sangat penting diberbagai sektor baik sektor industri maupun sektor lembaga pendidikan termasuk perguruan tinggi. Era 4.0 merupakan era yang menitikberatkan pada teknologi digital sebagai kunci utama suatu keberhasilan agar dapat tetap bersaing dengan yang lainnya. Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Jangkung saat ini juga sedang mempersiapkan berbagai aspek digitalisasi data untuk mendukung proses perkuliahan, akademik, penyebaran informasi kampus, penerbitan jurnal, dan pengarsipan buku-buku perpustakaan.

STAI Syekh Jangkung saat ini memiliki komitmen kuat supaya semua data dapat dilakukan proses digitalisasi secara bertahap agar menjadikan STAI Syekh Jangkung menjadi kampus terbaik di Kabupaten Pati Jawa Tengah di masa depan.

Proses digitalisasi di STAI Syekh Jangkung saat ini sudah berlangsung diantaranya perbaikan desain website STAI Syekh Jangkung yang dapat diakses di https://staisyekhjangkung.ac.id sebagai media informasi berbagai kegiatan, pengumuman, dan berita seputar STAI Syekh Jangkung.

STAI Syekh Jangkung saat ini juga sedang membangun sistem elektronik jurnal sebagai wadah publikasi ilmiah oleh Civitas Akademik Kampus baik oleh dosen maupun mahasiswa dalam bentuk publikasi ilmiah. Ejournal STAI Syekh Jangkung dapat diakses di laman website https://ejournal.staisyekhjangkung.ac.id yang nantinya akan memuat tiga buah jurnal yaitu Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI) (Link ejournal JIPMI), Jurnal Fihros yang memuat kajian ilmu sejarah dan budaya (Link ejournal Fihros), dan Jurnal Liberi yang memuat kajian seputar pendidikan anak usia dini (Link ejournal Liberi). Ejournal STAI Syekh Jangkung untuk saat ini baru jurnal JIPMI yang sudah terbit dengan issue Vol. 1 No. 1 (2022): Juni 2022, sedangkan untuk jurnal Fihros dan Liberi dalam proses penerbitan.

STAI Syekh Jangkung saat ini juga sedang menyempurnakan Electronic Learning (ELearning) dimana website sudah dibuat pada akhir tahun 2021 dan dilakukan ujicoba implementasi penggunaan ELearning pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Akses link Elearning STAI Syekh Jangkung dapat dilihat pada halaman berikut ini : Elearning STAI Syekh Jangkung. Elearning STAI Syekh Jangkung bertujuan untuk menunjang sistem perkuliahan di tiga prodi yaitu SKI, PGMI, dan PIAUD. Elearning memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan antara lain penilaian online, forum diskusi, upload tugas, konsultasi materi, dll sehingga perkuliahan di STAI Syekh Jangkung diharapkan dapat lebih baik.

STAI Syekh Jangkung yang berlokasi di Kayen Pati juga sedang mempersiapkan digitalisasi buku-buku perpustakaan yang dapat diakses lewat website Digilib STAI Syekh Jangkung, Link website dapat dilihat disini: Digilib STAI Syekh Jangkung Pati. Saat ini STAI Syekh Jangkung sedang melakukan pendataan dan inventarisasi semua buku perpustakaan sesuai standar digitalisasi sehingga diharapkan dalam waktu dekat semua buku perpustakaan STAI Syekh Jangkung dapat segera diakses lewat website. Sistem digitalisasi buku perpustakaan nantinya mahasiswa dapat memanfaatkan website untuk akses ke perpustakaan.

Kedepan STAI Syekh Jangkung akan mengembangkan berbagai inovasi digitalisasi kampus supaya dapat menuju kampus yang terbaik di masa depan.

Informasi Lainnya

Menyambut Tahun Baru Hijriyah KKN STAI SEJATI Bersama Elemen Masyarakat Kajen Gelar Pasar Ambyar

Jumat (29/07/2022) Desa Kajen dihebohkan dengan kehadiran Pasar Ambyar yang digagas oleh seluruh elemen masyarakat Kajen Kec. Margoyoso Kab. Pati.…

Butuh Sinergi Masyarakat dengan Pemerintah

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah menggelar Dialog Kebudayaan Senin (1/8). Acara yang dihibur dengan seni barongan ini…

STAI Syekh Jangkung Dukung Upaya Dinas Himpun Cerita Tradisi Lisan

Ragil Haryo Y Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pati menghimpun cerita tradisi lisan melalui guru IPS se Kabupaten Pati. Kegiatan ini…

Leave a Comment

16 + 17 =