STAI Syekh Jangkung


Berilmu, Beradab, Berbudaya

Prospek Alumni Mahasiswa Prodi Sejarah

Oleh: Affan Ismail

Pada era saat ini sarjana semakin banyak karena banyak lowongan – lowongan pekerjaan yang mengharuskan pegawainya harus sarjana. Bahkan pegawai yang lulusan SMA pun juga memilih kuliah untuk menaikkan karir dan pangkatnya.

Generasi milenial saat ini banyak yang memilih jurusan-jurusan yang menurut mereka jenjang karir pekerjaannya menjanjikan. Jurusan yang dimaksud diantaranya teknik, sains, kesehatan, ekonomi, manajemen, psikologi, hukum, dsb, jurusan-jurusan tersebut cukup banyak peminatnya karena dinilai cukup mudah dan banyak lowongan pekerjaannya.

Meskipun jurusan-jurusan yang telah disebutkan diatas merupakan jurusan yang cukup banyak peminatnya bukan berarti jurusan yang tidak disebutkan tidak memiliki jenjang karir ataupun lowongan pekerjaan yang banyak. Contohnya jurusan sejarah, jurusan sejarah sendiri memang peminatnya tidak sebanyak jurusan-jurusan yang disebutkan diatas akan tetapi untuk lowongan pekerjaannya juga lumayan luas.

Lowongan pekerjaan yang dimaksud diantaranya: sebagai tour guide atau pemandu wisata. Indonesia terkenal akan kekayaan alamnya bisa dilihat dari sabang sampai merauke banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah, wisata-wisata tersebut bisa berupa wisata alam, edukasi, ataupun wisata cagar budaya berupa peninggalan kerajaan-kerjaan yang pernah jaya di nusantara. Hal inilah yang bisa menjadi peluang pekerjaan bagi alumni mahasiswa sejarah untuk meniti karir dibidang wisata, karena sudah memiliki dasar.

Selain menjadi pemandu wisata alumni mahasiswa sejarah juga bisa meniti karir sebagai penulis cerita pendek, novel, artikel, ataupun jurnal karena mahasiswa sudah dibekali bagaimana penulisan sebuah cerita, bagaimana menggali data dll. Alumni mahasiswa sejarah juga sangat cocok untuk bekerja sebagai jurnalis karena sejarah sendiri diajarkan bagaimana teknik pengumpulan sumber data yang akan digunakan dalam penulisan penelitian.

Jadi dapat disimpulkan bahwa karir seseorang tidak bergantung pada basic pendidikan seseorang tapi bagaimana dia mencari peluang dan memanfaatkan ilmu yang didapatkannya di perkuliahan yang telah dia selesaikan. Seperti prodi sejarah yang barangkali sedikit yang berminat untuk berkuliah di prodi tersebut, akan tetapi setelah dianalisa banyak sekali peluang-peluang yang bisa dijadikan mata pencaharian bagi alumni-alumninya.

Informasi Lainnya

Silaturahmi Perdana Mahasiswa KKN 2022 STAI Syekh Jangkung dengan Pemerintah Desa Kecapi

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) STAI Syekh Jangkung Pati sebagai implementasi dari Tridhama Perguruan Tinggi pada kesempatan kali ini dilaksanakan…

Higher Order Thinking Skill dan Excecutive Functioning Skill, Apa dan Bagaimana?

Oleh: Dessy Octaviani, M.Pd. Dunia pendidikan kita mengenal adanya Bloom’s Taxonomy (tahapan atau tingkatan anak dalam memaknai sebuah informasi) dengan…

Wahid Hasyim Untuk Republik dari Tebuireng

Catatan Membaca Seri Buku TempoWahid HasyimCetakan Pertama, Mei 2011Terbitan KPG Oleh Siti Nur Aisyahtur OzanaProdi Sejarah Kebudayaan IslamSTAI SYEKH JANGKUNG…

Leave a Comment

five × 2 =