STAI Syekh Jangkung


Berilmu, Beradab, Berbudaya

Butuh Sinergi Masyarakat dengan Pemerintah

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah menggelar Dialog Kebudayaan Senin (1/8). Acara yang dihibur dengan seni barongan ini dilaksanakan di Restoran Kampung Sawah, Undaan, Kudus. Tampil sebagai narasumber adalah Nur Khabsyin, anggota DPRD Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Edy Supratno, Ketua STAI Syekh Jangkung, dan Achmadi, anggota polisi di Kudus yang juga pegiat kesenian barongan.

“Provinsi Jawa Tengah sudah mempunyai regulasi tentang pemajuan kebudayaan,” kata Khabsyin.

Hal tersebut, lanjut Khabsyin, menunjukkan bukti keseriusan pemerintah melestarikan budaya yang ada di Jawa Tengah.

Edy Supratno menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kudus juga sudah memiliki regulasi tentang hal yang sama, yaitu Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pemajuan Kebudayaan Daerah.

“Menurut saya ini tinggal butuh sinergi saja antara pemerintah dengan masyarakat. Pemerintah sudah sangat eksplisit dalam memajukan kebudayaan di Indonesia, termasuk Kudus,” tegas Edy yang dalam acara talkshow itu dimoderatori Sandi Manopa.

Achmadi mengaku, selama ini perhatian pemerintah Kudus relatif baik dalam pembinaan kesenian di Kudus. Salah satu bentuknya adalah pemerintah memberi santuan kepada kelompok kesenian. Selain itu, dia sendiri mengaku melakukan pembinaan terhadap puluhan kelompok barongan yang ada di Kudus. Salah satu bentuk pembinaannya, yaitu melarang kelompok di bawahnya mengamen di jalanan.  “Saya sangat tegas, tidak boleh untuk mengamen, kecuali saat Agustusan,” katanya.

“Kami juga melakukan pengkaderan. Pada umumnya pemain barongannya masih muda-muda. Ini menunjukkan kesenian ini diminati anak muda,” ujarnya.

Acara ini sendiri dikemas berbentuk talkshow yang disaksikan puluhan pelaku kesenian se Kabupaten Kudus. Untuk lebih memperluas penyebaran informasi, panitia menayangkan kegiatan ini di Simpang Lima TV dan Radia Manggala FM Kudus. (*)

Informasi Lainnya

Menyambut Tahun Baru Hijriyah KKN STAI SEJATI Bersama Elemen Masyarakat Kajen Gelar Pasar Ambyar

Jumat (29/07/2022) Desa Kajen dihebohkan dengan kehadiran Pasar Ambyar yang digagas oleh seluruh elemen masyarakat Kajen Kec. Margoyoso Kab. Pati.…

STAI Syekh Jangkung Dukung Upaya Dinas Himpun Cerita Tradisi Lisan

Ragil Haryo Y Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pati menghimpun cerita tradisi lisan melalui guru IPS se Kabupaten Pati. Kegiatan ini…

Prospek Alumni Mahasiswa Prodi Sejarah

Oleh: Affan Ismail Pada era saat ini sarjana semakin banyak karena banyak lowongan - lowongan pekerjaan yang mengharuskan pegawainya harus…

Leave a Comment

1 × four =