STAI Syekh Jangkung


Berilmu, Beradab, Berbudaya

Filosofi dibalik Nama dan Motif Batik Pohijo

Tim KKN Margoyoso, STAI Syeh Jangkung Pati dalam program pendampingan ekonomi kreatif kini telah menelurkan filosofi batik pohijo yang baru saja lounching di acara pentas seni dan budaya dalam rangka peringatan HUT RI ke 77 Kec. Margoyoso Kab. Pati, di halaman pendopo Kec. Margoyoso, Sabtu 13 Agustus 2022. Batik tulis yang telah di rancang khusus sebagai batik multiguna bagi remaja dan dewasa. Batik eksotik yang praktis, ekonomis dan modis kini tampil dengan motif baru yang mempesona.

Kain panjang yang di rancang khusus sebagai busana bawahan wanita, berfungsi multiguna tanpa jahit, ekonomis dan bergaya melejit, rupanya sangat antusias di sambut para warga margoyoso. Batik tulis halus bernama “pohijo” adalah berasal dari nama Desa Pohijo. Kata pohijo berasal dari pohon kepoh yang bersemi hijau. Pohon kepoh inilah sebagai simbol asal usul nama Desa Pohijo dan tertuang dalam motif batik “kembang kepoh”. Selain itu batik tulis pohijo mempunyai beberapa motif yang kini lagi di gandrungi kaum hawa karena warnanya yang ngejreng.

Motif “biji belah” bagai hati yang terbelah adalah simbol Desa Pohijo selalu tampil ramah dan karomah. Motif “kembang ambyar” adalah symbol harapan, Desa Pohijo akan selalu mekar sejahtera dan berkembang sehingga harum desanya akan selalu menyebar keseluruh penjuru. Warna warni batik tulis pohijo pun tak luput dari makna filosofi, warna hijau memukau bermakna Desa Pohijo adalah desa mina tani yang subur dan makmur, warna biru menderu bermakna desa Pohijo adalah desa perikanan yang terletak di hilir pesisir utara jawa, selalu giat dan semangat untuk maju. Warna hitam lekam bermakna Desa Pohijo senantiasa menjaga kehormatan dan berwibawa. (ns)

Informasi Lainnya

STAI Syekh Jangkung Menuju Transformasi Digitalisasi Data

Perkembangan era 4.0 saat ini menjadi era yang sangat penting diberbagai sektor baik sektor industri maupun sektor lembaga pendidikan termasuk…

Bimtek Litapdimas Hadirkan Reviewer Nasional

Sejumlah dosen STAI Syekh Jangkung mengikuti bimbingan teknis tentang Litapdimas (20/8).Acara yang digelar di ruang dosen itu mendatangkan Dr. Abdul…

IDENTITAS KULINER PATI SELATAN: Menelusuri Sejarah Semur Kutuk Khas Kecamatan Kayen-Pati

Oleh: Nurul Fatimah, S. Hum., M. A,Kaprodi SKI STAI Syekh Jangkung Pati Nurul Fatimah, S. Hum., M. A Kabupaten pati…

Leave a Comment

sixteen − 13 =