STAI Syekh Jangkung


Berilmu, Beradab, Berbudaya

Sosialisai Kegiatan Pramuka STAI Syekh Jangkung

Sosialisai kegiatan pramuka kepada mahasiswa terkait pemahaman tentang paradigma dan pentingnya pramuka di peguruan tinggi yang disampaikan oleh Yusuf, M.Pd. dan Affan Ismail, M.Ag sebagai pembina kegiatan pramuka di STAI Syekh Jangkung pada Rabu 24 Agustus 2022.

Menurut Yusuf, M.Pd. Pramuka diyakini sebagai salah satu organisasi yang didalamnya terdapat proses pembentukan karakter bagi anggotanya, pembentukan karakter ini sangat penting untuk bisa dilakukan oleh mahasiwa di Fakultas pendidikan sebagai calon guru/ pendidik. Setiap anggota pramuka di haruskan untuk awal dan menepati dasa dharma sebagai salah satu dari janii  seorang pramuka yang tercantum dalam Tri Satya. Dasa dharma dapat diartikan sebagai sepuluh tindakan terpuji yang harus di miliki setiap anggota pramuka, atau bisa disebut juga karakter yang harus melekat pada setiap anggota pramuka diantaranya :

  1. Taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan kesatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin terampil dan gembira
  7. Hemat cermat dan bersahaja
  8. Disiplin berani dan setia
  9. Bertaggungjawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan

“Para calon guru diharapkan dapat memiliki karakter-karakter tersebut sehingga diharapkan bisa membimbing anak didiknya tidak hanya menjadi seorang yang pandai dalam hal intelektual akan tetapi juga berakhlakul karimah” paparnya.

Affan Ismail, M.Ag. sebagai penyampai materi juga menyatakan bahwa kegiatan pramuka bisa menjadi peluang bagi mahasiswa yang aktif di gudep perguruan tinggi, karena minimnya SDM pembina pramuka sehingga anggota pramuka perguruan tinggi bisa masuk menjadi pembina satuan di sekolah-sekolah terutama di satuan pendidikan MI/SD. Materi dipramuka lebih fleksibel karena semua materi bisa dimasukkan dikegiatan pramuka yang terpenting metode kepramukaan selalu digunakan dalam tiap kegiatannya” ungkapnya.

Kaprodi PGMI STAI Syekh Jangkung Dessy Octaviani, M.Pd. mengungkapkan bahwa kegiatan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap mahasiswa atau anggota pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa serta melestarikan lingkungan hidup. “Saya pun sangat setuju kegiatan pramuka dilaksanakan setiap seminggu sekali karena akan ada banyak kajian materi maupun praktik kepramukaan yang dibutuhkan oleh para calon pendidik ketika lulus dari perguruan tinggi ataupun sebagai wadah pengembangan diri oleh mahasiswa” tegasnya.

Kegiatan pramuka ini akan berlangsung pada semester ganjil tahun akademik 2022/2023 dan telah disepakati oleh Puket III Farah Rizkita Putri, M.Pd. “Adanya gerakan pramuka di perguruan tinggi juga sebagai unit kegiatan mahasiswa (UKM) dan memberi kesempatan kepada seluruh mahasiswa khususnya program studi PGMI untuk melakukan kegiatan positif, konstruktif, dan edukatif serta memberikan pengetahuan dan pengalaman praktis melalui kegiatan pendidikan kepramukaan” tegasnya. (*)

Informasi Lainnya

Dosen STAI Syekh Jangkung Tulis Buku Sejarah Caping Kalo

Tiga dosen STAI Syekh Jangkung terlibat dalam penulisan buku caping kalo. Buku yang diterbitkan Kompas itu diluncurkan tadi malam (14/10)…

Penyaluran Donasi Tim KKN STAI Syekh Jangkung Bagi Korban Bencana Alam di Kec. Margoyoso Pati

Bencana alam telah melanda kecamatan Margoyoso dua pekan yang lalu dan berakibat sebagian kehilangan rumah dan barang-barang berharga karena banjir…

STAI Syekh Jangkung Pati Ikuti Raker PPSI 2022 di Universitas Hasanuddin Makkassar

18-19 Juni 2022 Perkumpulan Program Studi Sejarah se-Indonesia (PPSI) menggelar Rapat Kerja (Raker) yang dilaksanakan di Fakultas Ilmu Budaya Universitas…

Leave a Comment

seven + twelve =