STAI Syekh Jangkung


Berilmu, Beradab, Berbudaya

Ketua STAI Syekh Jangkung Beri Sosialisasi Museum Kretek

STAI Syekh Jangkung museum kretek

Edy Supratno, ketua STAI Syekh Jangkung dipercaya menjadi salah satu pemateri dalam acara Sosialisasi Museum Kretek, Selasa (14/9). Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus UPT Museum dan Taman Budaya, itu juga menghadirkan pemateri Retna Dyah Radityawati dari Museum Rembang.

Di hadapan peserta yang datang dari berbagai elemen masyarakat itu, Edy menjelaskan tentang sejarah kretek dan makna pentingnya bagi Indonesia.

“Melalui kretek, Bumiputera Kudus mencoba mensejajarkan diri dengan suku bangsa lainnya di tengah kebijakan pemerintah kolonial Belanda yang menempatkan Bumiputera sebagai manusia strata paling bawah,” katanya.

Salah satu buktinya, lanjut Edy, masyarakat Kudus, dalam hal ini Nitisemito bisa satu forum di ajang pameran otomotif internasional.

“Mobil Nitisemito merek Chrysler yang kala itu masuk kategori berharga 7000 gulden,” lanjutnya.

Di luar itu, sumbangsih perusahaan kretek juga besar bagi terbentuknya negara Indonesia, baik masa Jepang maupun masa revolusi. Di situlah, kata Edy, pentingnya keberadaan Museum Kretek.

Di acara sosialisasi tersebut, hadir pula beberapa perwakilan keluarga perusahaan kretek yang pernah jaya. Seperti keluarga Nitisemito (Bal Tiga), keluarga Norchamid (Saboek), dan keluarga perusahaan rokok kretek cap Djangkar.
Acara kali ini lebih spesial karena Museum Kretek menerima hibah foto dan bahan promosi lainnya dari keluarga perusahaan Saboek.
“Ini awal mula yang baik,” kata Yusron, Kepala UPT Museum dan Taman Budaya Kudus.

Informasi Lainnya

Higher Order Thinking Skill dan Excecutive Functioning Skill, Apa dan Bagaimana?

Oleh: Dessy Octaviani, M.Pd. Dunia pendidikan kita mengenal adanya Bloom’s Taxonomy (tahapan atau tingkatan anak dalam memaknai sebuah informasi) dengan…

Sosialisai Kegiatan Pramuka STAI Syekh Jangkung

Sosialisai kegiatan pramuka kepada mahasiswa terkait pemahaman tentang paradigma dan pentingnya pramuka di peguruan tinggi yang disampaikan oleh Yusuf, M.Pd.…

Bimtek Litapdimas Hadirkan Reviewer Nasional

Sejumlah dosen STAI Syekh Jangkung mengikuti bimbingan teknis tentang Litapdimas (20/8).Acara yang digelar di ruang dosen itu mendatangkan Dr. Abdul…

Leave a Comment

one × 3 =